Portal Islam

Portal Islam

Rujukan Berita Islam Terbaru Hari Ini

Apr 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

5+ Doa Anak Mau Tidur & Makna Membaca Doa Sebelum Tidur

photo: google

Ajarkanlah anak untuk selalu melibatkan Allah dalam segala hal. Begitu juga saat anak mau tidur, bimbinglah dan ajarkanlah mereka untuk berdoa. Agar ketika anak-anak Kita tidur mereka selalu dalam lindungan Allah SWT. Maka, kali ini Naisha akan membahas mengenai doa anak mau tidur. Mari Kita simak ulasan lengkapnya.

Pasti NaishaMate telah mengetahui bahwa bacaan doa sebelum tidur adalah

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut

Yang artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Dalam syariat Islam, berdoa memiliki tujuan untuk memohon kepada Allah, meminta perlindungan, kelancaran, atau bantuan kepada Allah SWT dalam segala hal yang kita lakukan, termasuk saat tidur.

Doa sebelum tidur juga seperti doa penutup aktivitas di malam hari sebelum kita atau anak-anak kita tidur. Dan juga untuk memohon agar kita dapat terbangun kembali di keesokan harinya dalam keadaan yang sehat.

Selain Rasulullah mengajarkan untuk membaca doa sebelum tidur, anjuran yang lainnya adalah hendaklah sebelum tidur berwudhu terlebih dahulu.

Berwudu sebelum tidur bertujuan agar kita tertidur dalam keadaan suci.

Dalam salah satu hadist Rasulullah SAW pernah bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang tidur dalam keadaan suci, maka malaikat akan bersamanya di dalam pakaiannya. Dia tidak akan bangun hingga malaikat berdoa ‘Ya Allah, ampunilah hambamu si fulan karena tidur dalam keadaan suci.’” (HR. Ibn Hibban)

Sebelum tidur, banyak doa dan dzikir yang dianjurkan untuk kita baca. Berikut ini adalah doa dan dzikir sebelum tidur.

Doa Anak Mau Tidur

Doa Anak Mau Tidur 1; Untuk Menghayati Kematian

photo: google

Doa sebelum tidur ini telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW, meskipun doanya pendek namun penuh makna, kita pun pasti sering mendengar dan membacanya sebelum tidur.

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya: “Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Doa Anak Mau Tidur 2; Untuk Mohon Perlindungan

photo: google

Kita sadari atapun tidak, sebenarnya ketika sedang tertidur manusia pasti membutuhkan perlindungan Allah dari segala hal buruk dan bencana. Bahkan dalam segala hal manusia membutuhkan pertolongan dan juga perlindungan Allah SWT.

Sebagaimna yang telah diketahui bahwa, saat sedang tertidur manusia tidak sadarkan diri dan terlelap dalam tidur..

Misalnya ada orang yang ingin berbuat jahat saat ada orang yang sedang tertidur, maka akan dengan mudah melakukannya. Bahkan, jika terdapat seekor lalat menghinggapi tubuh kita, kita bisa tidak menyadarinya.

NaishaMate tentunya juga telah mengetahui jika Rasulullah SAW sangatlah menyayangi umatnya. Beliau juga tidak melupakan tentang bagaimana jika umatnya sedang tertidur. Beliau telah mengajarkan cara menjaga diri  dan agar memperoleh keselamatan ketika tertidur. Hal ini tentunya tidak hanya dapat kita amalkan namun juga dapat kita ajarkan kepada anak-anak kita.

Telah diriwayatkan dari Aisyah Ra. berkata:

“Jika beliau (Raulullah). hendak tidur, maka beliau meniupkan napas ke dua tangannya dan membaca al-mua’awwidzat lalu mengusapkannya ke tubuhnya.” (HR.Bukhari dan Muslim).

Surah Mu’awwidzaat adalah dua surah terakhir dalam Al-Quran yaitu surah Al-Falaq dan surah-An Naas.

Kedua surah ini tergolong ke dalam surah Makkiyah, dan juga memiliki kedudukan yang tinggi di antara surah-surah lainnya.

Doa Anak Mau Tidur 3; Berikut ini bacaa surah Al-Falaq

photo: google

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ . مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ . وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ . وَمِنْ شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ . وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

Qul auudzu birobbil falaq. Min syarri maa kholaq. Wa min syarri ghoosiqin idzaa waqob. Wa min syarrin naffaatsaati fil ‘uqod. Wa min syarri haasidin idzaa hasad.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.”

Doa Anak Mau Tidur 4; Surah An-Naas

photo: google

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ . مَلِكِ النَّاسِ . إِلَهِ النَّاسِ . مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ . الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ . مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

Qul auudzu birobbinnaas. Malikin naas. Ilaahin naas. Min syarril waswaasil khonnaas. Alladzii yuwaswisu fii shuduurin naas, minal jinnati wan naas.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

Selain membaca Surah Al-Falaq dan An-Naas kita juga dapat mengajarkan anak-anak kita untuk membaca ayat kursi untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Telah diriwayatkan dari Abu Hurairah Ra. ia berkata:

“Rasulullah mewakilkan kepadaku untuk menjaga zakat Ramadhan. Maka, datanglah seorang yang kemudian mengacak-acak makanan….”(begitu seterusnya ia menyebutkan hadits).”

“Hingga di akhirnya (hadits), orang itu berkata, “Apabila kamu beristhirahat di tempat tidurmu, maka bacalah ayat kursi.”

“Maka, sesungguhnya seorang (malaikat) penjaga dari Allah akan senantiasa menyertaimu. Dan, setan tidak mampu mendekatimu hingga kamu bangun subuh.”

Doa Anak Mau Tidur 5; Bacaan ayat kursi

photo: google

اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta’khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak atau boleh disembah), melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Yang tidak mengantuk dan tidak juga tertidur. Kepunyaan-Nya adalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya.”

Makna dan keutamaan membaca doa sebelum tidur

photo: google

Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran, yang artinya:

“Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu diwaktu malam dan siang hari serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan” (QS. Ar Rum: 23).

Tidur juga merupakan salah satu bentuk rahmat Allah sebagaimana yang firman-Nya, yang artinya: “Dan karena rahmat-Nya, Dia jadikan untukmu malam dan siang, supaya kamu beristirahat pada malam itu dan supaya kamu mencari sebagian dari karunia-Nya (pada siang hari) dan supaya kamu bersyukur” (Al Qashahs: 73).

Setelah melihat beberapa uraian doa anak mau tidur, maka dapat disimpulkan bahwa doa sebelum tidur merupakan permohonan kita kepada Allah agar selalu dilindungi saat kita tidur. Segala hal kita pasrahkan kepada Allah SWT. Dan kita memohon belas kasih dari Allah SWT karena Dia lah zat yang memegang nyawa kita semua. Terakhir, doa sebelum tidur juga dapat menjadi pintu untuk mati dalam keadaan husnul khatimah.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here