10 Cara Sukses Menurut Al-Quran yang Mudah Diamalkan!

10 Cara Sukses Menurut Al-Quran yang Mudah Diamalkan!

Smallest Font
Largest Font

Umumnya, sukses dikaitkan dengan keberhasilan. Padahal ukuran sukses antar-individu berbeda antara satu sama lain. Inilah mengapa, kesuksesan seseorang tak dapat disamakan dengan kesuksesan orang lain. Yuk simak beberapa cara sukses menurut Al-Quran di bawah ini.

Menurut Andrea Molloy dalam penelitian berjudul Konsep Sukses dalam Perspektif Al-Qur’an Surah Al-Asr Ayat 1-3 yang disusun oleh Ahmad Muwafiq, sukses adalah merombak keyakinan negatif, lalu menyelaraskan sikap dengan visi kesuksesan.

Namun, memahami sukses tak sekadar diukur dari keberhasilan duniawi dan pencapaian materiel. Dalam ajaran Islam, sukses dapat dipahami sebagai keberhasilan dalam menyeimbangkan urusan dunia dengan urusan akhirat. Tak ada salahnya mengejar kesuksesan di dunia, asalkan kita tak terlena dan tak melupakan Sang Pencipta.

Cara Sukses Menurut Al-Quran Mulai dengan Ilmu

photo: google

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an ialah dengan memiliki ilmu. Dengan ilmu, seseorang akan menjadi orang sukses yang mampu memanfaatkannya untuk kebaikan dan hal yang bermanfaat. Jika ingin sukses, maka yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan menuntut ilmu. “Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”. (QS Al Alaq : 5). keutamaan berilmu dalam islam akan menuntu pada kesuksesan.

Cara Sukses Menurut Al-Quran Berubah dari Diri Sendiri

photo: google

Agar dapat mencapai kesuksesan harus diawali dengan mengubah diri sendiri terlebih dahulu, mengubah kebiasaan buruk menjadi semangat. “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu sendiri yang mengubah keadaan yang ada pada dirinya”. (QS Ar Rad : 11).

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Berdoa

photo: google

Usaha tidak akan lengkap tanpa disertai doa. Doa merupakan sebuah wujud bahwa kita melibatkan Allah dalam setiap harapan “Maka bermohonlah kepada Ku”. (QS Al Baqarah : 186). Dengan menjalankan doa pembuka rezeki dari segala penjuru akan menjadi salah satu jalan untuk meraih kesukesan.

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Sedekah

photo: google

Perumpamaan orang yang menafahkan hartanya di jalan Allah (sedekah) adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan ganjaran bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah maha luas karunia Nya lagi maha Mengetahui”. (QS Al Baqarah : 261). Sedekah tidak akan mengubah seseorang menjadi miskin. Sedekah akan membuat jalan rejeki menjadi lebih lapang sehingga segala usaha mendapat kemudahan dari Allah.

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Bersyukur

photo: google

Cara menjadi orang sukses menurut Al Qur’an salah satunya dengan jalan rajin bersyukur, bersyukur akan memberikan perasaan bahwa kita adalah hamba Allah yang beruntung sehingga menjadi lebih bersemangat dalam menjalani langkah langkah menuju kesuksesan serta terhindar dari putus asa. “Jika kamu bersyukur akan Ku tambah nikmat untukmu”. (QS Ibrahim : 7). keutamaan bersyukur dalam islam akan mendapat jalan untuk menjadi orang yang di ridhoi Allah dalam usahanya menggapai suskes.

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Bertaqwa

photo: google

Barang siapa bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar dan rezeki dari arah yang tidak disangka sangka”. (QS Ath Thalaaq : 2). Taqwa juga berperan penting dalam kesuksesa, orang yang bertaqwa akan mendapat kasih sayang dari Allah sehingga segala kesulitan yang dialaminya akan mendapat pertolongan dari jalan yang tidak disangkanya.

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Meniatkan Sesuatu Karena Allah

photo: google

Barangsiapa mengerjakan amal saleh dalam keadaan beriman, maka Kami akan berikan kepadanya kehidupan yang baik dan pahala jauh lebih baik dari apa yang mereke kerjakan”. (QS An Nahl : 97). Niatkan kesuksesan yang dikejar untuk mendapat ridho Allah di dunia dan di akherat, jangan mengejar suskes semata karena ingin dipuji atau karena duniawi.

Cara Sukses Menurut Al-Quran dengan Bersikap Amanah

photo: google

Lakukan segala usaha dengan jujur, jangan tergoda dengan jalan yang slaah, seperti membeli jabatan agar cepat sukses. Miliki segala sesuatu dengan jalan yang benar dan jadilan orang yang amanah. “Sesungguhnya harta dan anak anak mu hanyalah cobaan bagimu”. (QS At Taghabun : 15).

Cara Sukses Menurut Al-Quran Jangan Menuruti Hawa Nafsu

photo: google

“Dan kamu mencintai harta dengan kecintaan yang berlebihan”. (QS Al Fajr : 20). Sukses memang impian setiap orang, tetapi jangan hanya mengejar sukses dalam hal duniawi, jangan mencintai harta atau hal duniawi berlebihan, sebab segala yang dimiliki hamba Allah hanyalah titipan yang sewaktu waktu dapat diambil oleh Nya.

Cara Sukses Menurut Al-Quran Hindari yang Haram

photo: google

Mereka itu adalah orang yang suka mendengar berita bohong dan memakan yang haram” (QS Al Maidah : 42). Hindari langkah yang curang misalnya membeli ijazah palsu agar dapat menggunakannya untuk naik pangkat. Keberkahan berpengaruh dari halal dan haram cara yang dilakukan.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow

Paling Banyak Dilihat